Minggu, 13 Oktober 2013

Virologi

Virologi Pengertian dan Manfaat

Virologi adalah cabang dari ilmu-ilmu yang berfokus pada studi virus dan organisme yang berperilaku seperti virus, seperti prion dan viroid. Para peneliti di bidang ini dapat bekerja dengan virus yang menyerang tanaman, hewan, atau bakteri, melakukan penelitian baik di laboratorium dan di lapangan. Banyak pemerintah berinvestasi dalam virologi untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan kesehatan masyarakat, dan perusahaan obat swasta dan lembaga penelitian juga tertarik di bidang virologi dan aplikasi.

Salah satu tujuan utama dari virologi adalah klasifikasi, di mana virus yang dipelajari untuk menentukan apa yang mereka dan bagaimana mereka bekerja. Klasifikasi dapat digunakan untuk menentukan bahwa berbagai virus terkait satu sama lain, dan karena itu mereka dapat bekerja dengan cara yang sama, atau menjadi rentan terhadap obat antivirus yang sama. Mampu mengklasifikasikan virus juga memungkinkan peneliti untuk menentukan apakah virus telah terlihat sebelumnya, dan untuk menghubungkan mereka menemukan virus dengan studi yang ada dan informasi.

Ahli virologi juga sibuk dengan struktur virus, dan cara di mana virus bekerja. Meskipun tidak dianggap organisme hidup, virus bisa sangat kompleks, dan mereka telah beradaptasi beberapa trik pintar, seperti pembajakan sel dan membuat mereka untuk mereproduksi virus atau menipu tubuh ke dalam pemikiran bahwa agen virus bukanlah seorang penyerang yang tidak diinginkan. Memahami bagaimana organisme ini bekerja dapat menjadi bagian penting dari mengembangkan metode yang dapat digunakan untuk membasmi mereka.

Penyakit virus, hasil dari infeksi virus, juga menarik ahli virus, seiring dengan cara penularan dan topik terkait. Ketika wabah virus terjadi, para peneliti melakukan penelitian untuk menentukan di mana virus itu berasal, bagaimana hal itu dapat diobati, apa gejala, dan bagaimana infeksi tambahan bisa dicegah. Ahli virologi juga melacak tren jangka panjang, seperti perubahan DNA virus, atau perubahan dalam tingkat kekebalan pada populasi yang berada pada risiko infeksi.

Ahli virologi bekerja untuk mengembangkan obat yang dapat digunakan dalam pengobatan infeksi virus, dan mereka juga mengembangkan vaksin, di mana sejumlah kecil antigen diperkenalkan ke dalam tubuh untuk merangsang menjadi memproduksi antibodi yang akan mempertahankannya dalam kegiatan paparan virus. Beberapa virus tetap relatif statis, memungkinkan peneliti untuk mengandalkan vaksin tahun demi tahun yang sama, sementara yang lain dengan cepat bermutasi dan berubah, membutuhkan pengembangan vaksin baru dan obat-obatan sehingga komunitas kedokteran dan virologi mereka dapat tetap berada di depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar