Minggu, 13 Oktober 2013

Anatomi Ginjal

Anatomi Ginjal dan Fungsinya

Ginjal adalah organ penting dalam sistem ginjal tubuh. Beberapa komponen yang lebih besar dalam anatomi ginjal termasuk pelvis renalis, ginjal medulla, dan Cortext ginjal. Bantuan ginjal dalam menyaring racun dan menjaga keseimbangan cairan. Selain fungsi tersebut, ginjal memainkan peran penting lainnya dalam menjaga kesehatan.

Manusia biasanya memiliki dua ginjal. Sebuah ginjal manusia dewasa seukuran kepalan tangan dan berbentuk kacang. Ginjal terletak di bawah tulang rusuk, satu di kedua sisi tulang belakang, dan mereka berada di bagian belakang tubuh. Ginjal memiliki bagian cekung yang menghadapi dekat dengan tulang belakang.
Bagian atas ureter memasuki ginjal dan membentuk pelvis ginjal, yang dibagi menjadi dua atau tiga tabung yang disebut calyces utama. Ini calyces utama dibagi lagi menjadi calyces minor. Bersama dengan pelvis ginjal, ginjal berisi dua divisi utama lainnya. Salah satunya adalah medula ginjal, yang memegang piramida ginjal. Bagian-bagian dari ginjal adalah koleksi jaringan berbentuk kerucut, yang memiliki tubulus yang menggerakkan urin dari bagian terluar dalam anatomi ginjal ke bagian dalam dari calyces.
Struktur utama lain dalam anatomi ginjal adalah korteks ginjal. Sebuah korteks ginjal membungkus di sekitar medula ginjal, dan mengisi ruang antara piramida ginjal. Daerah ini dikenal sebagai kolom ginjal. Korteks ini juga memegang bagian dari nefron.

Nefron adalah unit fungsional dari anatomi ginjal, dan sebagian besar pekerjaan dilakukan oleh bagian ini dalam struktur ginjal. Ada sekitar satu juta nefron di setiap ginjal. Mereka mengandung sel-sel ginjal, terdiri dari cluster kapiler darah yang disebut glomerulus.
Glomerulus membantu dalam menyaring cairan, langkah awal dalam pembentukan urin. Sebuah kapsul glomerulus menyelubungi glomerulus. Nefron juga mengandung tubulus ginjal, yang merupakan tubulus sehingga fluida mengalir melalui saat meninggalkan tubuh.

Salah satu fungsi utama dari ginjal adalah untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. Fungsi lain yang penting adalah untuk menghilangkan limbah yang dihasilkan melalui proses metabolisme. Ginjal juga membantu dalam mengontrol produksi sel darah merah dengan mengeluarkan hormon yang disebut dengan eritropoietin. Seiring dengan mendukung produksi sel darah merah, mereka juga membantu dalam merangsang vitamin D. Ginjal memainkan peran penting dalam menjaga tekanan darah dan volume darah.

Ginjal dan bagian-bagian sistem urin dan fungsi mereka:
  • kedua ginjal - sepasang organ keunguan-coklat terletak di bawah tulang rusuk ke arah tengah punggung. Fungsi mereka adalah untuk menghilangkan limbah cair dari darah dalam bentuk urin, menjaga keseimbangan stabil garam dan zat lain dalam darah, dan menghasilkan eritropoietin, suatu hormon yang membantu pembentukan sel darah merah.
  • Ginjal menghilangkan urea dari darah melalui unit penyaringan kecil yang disebut nefron. Setiap nefron terdiri dari sebuah bola yang dibentuk dari kapiler kecil darah, yang disebut glomerulus, dan tabung kecil yang disebut tubulus ginjal. Urea, bersama dengan air dan zat limbah lainnya, membentuk urin saat melewati nefron dan turun ke tubulus ginjal dari ginjal.
  • dua ureter - tabung sempit yang membawa urin dari ginjal ke kandung kemih. Otot di dinding ureter terus mengencangkan dan rileks memaksa urin ke bawah, jauh dari ginjal. Jika urin tersumbat, atau diperbolehkan untuk berdiri diam, infeksi ginjal bisa berkembang. Tentang setiap 10 sampai 15 detik, sejumlah kecil urin dikosongkan ke kandung kemih dari ureter.
  • kandung kemih - yang berbentuk segitiga, organ berongga yang terletak di perut bagian bawah. Ia diselenggarakan di tempat oleh ligamen yang melekat pada organ lain dan tulang panggul. dinding yang kandung kemih rileks dan berkembang untuk menyimpan urin, dan berkontraksi dan merata urin kosong melalui uretra. Yang khas kandung kemih dewasa yang sehat dapat menyimpan hingga dua cangkir air seni selama dua sampai lima jam.
  • dua otot sfingter - otot melingkar yang membantu menjaga urin dari kebocoran dengan menutup erat seperti karet gelang di sekitar pembukaan kandung kemih.
  • saraf di kandung kemih - mengingatkan seseorang ketika saatnya untuk buang air kecil, atau mengosongkan kandung kemih.
  • uretra - tabung yang memungkinkan urin untuk melewati di luar tubuh. Otak sinyal otot-otot kandung kemih untuk mengencangkan, yang meremas urin keluar dari kandung kemih. Pada saat yang sama, otak memberi sinyal otot sphincter untuk bersantai untuk membiarkan urin keluar dari kandung kemih melalui uretra. Ketika semua sinyal terjadi dalam urutan yang benar, buang air kecil normal terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar