Minggu, 13 Oktober 2013

Manfaat Alga bagi kesehatan

 Penggunaan Alga Bagi Kesehatan Tubuh Manusia


 Lama dihargai oleh budaya Asia baik karena kelezatan dan sumber yang kaya nutrisi sehat, alga dalam beberapa tahun terakhir telah tumbuh semakin populer dengan dunia Barat yang sadar akan kesehatan. Spirulina dan chlorella, dua dari yang disebut ini merupakan super makanan yang berasal dari alga, keduanya menikmati penjualan cepat sebagai suplemen gizi di Barat. Mungkin yang lebih penting, mereka telah membantu untuk membuka jalan bagi kepentingan yang lebih besar dalam bentuk lain dari ganggang dan manfaat kesehatan mereka mungkin tawarkan.


Alga
Penggunaan Alga Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Spirulina


Menurut Steve Meyerowitz 1999 bahwa mikroalga dikenal sebagai spirulina merupakan sumber yang kaya protein, yang menyumbang sekitar 60 persen dari keseluruhan komposisi ganggang. Hal ini dibandingkan dengan kedelai sebesar 34 persen protein, daging sapi dengan 17 persen protein dan telur dengan protein 12 persen. Spirulina juga memberikan tingkat tinggi vitamin B-12, menawarkan 200 mcg vitamin untuk setiap 100 g ganggang. Menambah daya tarik sebagai makanan super adalah kemudahan yang bisa dibudidayakan, menurut Meyerowitz. Dia mencatat bahwa peternakan organik bersertifikat, terutama di California dan Hawaii, tumbuhan spirulina yang kaya nutrisi dan bebas dari kontaminan.

Chlorella


Seperti namanya, chlorella, mikroalga yang lain, penuh dengan klorofil, menyediakan sumber makanan terkaya pigmen hijau yang sehat, yang tubuh dapat digunakan untuk membersihkan dan menyembuhkan organ, menurut Sergei dan Valya Boutenko, penulis "Fress"Selain tempat penyimpanan yang kaya klorofil, chlorella mengandung beragam nutrisi lainnya, termasuk beta karoten, selenium, seng, vitamin B-12, C dan E dan zat yang disebut Chlorella Growth Factor, atau CGF. Beth Ley, penulis "Chlorella: The Ultimate Green Food," menjelaskan bahwa CGF meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena merangsang penyembuhan dan penggantian jaringan selular.

Kelp

Kelp, strain ganggang laut, merupakan sumber yang kaya yodium, yang sangat penting untuk kesehatan tiroid, dan sejumlah nutrisi penting lainnya, termasuk asam lemak esensial, serat, kalium, protein dan sodium. Dalam "Resep untuk Penyembuhan Herbal," penulis Phyllis A. Balch mengatakan bahwa kandungan mineral rumput laut adalah salah satu yang tertinggi dari setiap sumber yang dikenal. Jenis alga diyakini membantu dalam mencegah kanker payudara dan kanker kolorektal, serta penyakit payudara fibrokistik. Selain itu, rumput laut adalah pencahar lembut dan telah berhasil digunakan untuk mengurangi simpanan selulit, menurut Balch.

AFA

Nutrisi mirip dengan dua jenis lainnya ganggang biru-hijau, chlorella dan spirulina, Alphanizomenon Flos Aquae, atau AFA, telah memenangkan perhatian sebagai makanan otak yang kuat, menurut Meyerowitz. AFA kaya neuropeptida berat molekul rendah, yang memungkinkan mereka untuk lulus dengan mudah melintasi penghalang darah-otak. Setelah mereka telah mencapai otak, kata Meyerowitz, neuropeptida AFA memperkuat neurotransmitter, membantu meningkatkan fungsi kognitif dasar seperti kewaspadaan, konsentrasi dan memori.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar