Minggu, 13 Oktober 2013

Fungsi KoenzimA

Bagaimana Struktur Fungsi Koenzim A

Koenzim A diperlukan untuk metabolisme asam lemak dan siklus asam sitrat. Artikel ini akan mengajarkan Anda lebih banyak tentang struktur dan pentingnya dalam metabolisme.

Koenzim A adalah bahan kimia penting yang dibutuhkan dalam regulasi metabolisme asam lemak dan juga menghasilkan siklus energi dalam tubuh, yaitu siklus asam sitrat. Nama koenzim sendiri menunjukkan bahwa ia bertindak bersama dengan enzim saat melaksanakan fungsinya. Sebelum kita memulai, penting bahwa kita memahami apa koenzim dan bagaimana hal itu berbeda dari istilah umumnya bingung seperti 'kofaktor' dan 'kelompok prostetik'.

Apa yang dimaksud dengan Koenzim?

Sebuah koenzim adalah kelompok non protein yang mengikat atau berinteraksi dengan enzim atau lebih tepatnya apoenzyme untuk mengaktifkannya. Ketika suatu kofaktor mengikat erat enzim, itu disebut sebagai kelompok prostetik. Ketika secara longgar terikat enzim, kofaktor ini disebut koenzim. Dengan demikian, jelaslah bahwa kofaktor bisa menjadi koenzim atau kelompok prostetik. Koenzim adalah kelompok yang merupakan bagian dari reaksi enzimatik. Koenzim yang berperan penting dalam fungsi enzim. Dalam proses ini, koenzim mengalami perubahan tertentu yang dapat dibalik setelah reaksi selesai.
Struktur koenzim ini cukup unik dan karena itu, perlu untuk mengetahui struktur ini saat mempelajari enzim kompleks dimediasi reaksi biokimia. Koenzim A adalah salah satu koenzim penting seperti yang memainkan peran penting dalam reaksi biokimia metabolisme tubuh.

Struktur Koenzim A

Strukturnya cukup kompleks dan disintesis dalam langkah demi langkah proses.
Vitamin B5 akan difosforilasi untuk membentuk 4'-phosphopantothenate oleh enzim pantothenate kinase
Sebuah molekul sistein ditambahkan ke 4'-phosphopantothenate dan molekul baru terbentuk 4'-phospho-N-pantothenoylcysteine​​. Reaksi ini dikatalisis oleh sintetase phosphopantothenoylcysteine​​.
molekul Tersebut di atas kemudian decarboylated untuk membentuk katalis 4'-phosphopantetheine oleh enzim phosphopantothenoylcysteine ​​decarboylase.

Molekul ini kemudian mengalami adenylation yang membentuk dephospho-koenzim A.
Dephospho-CoA kemudian fosforilasi dengan ATP untuk membentuk koenzim A atau CoA. Reaksi ini dikatalisis oleh dephosphocoenzyme A kinase.

Fungsi Koenzim A

Strukturnya adalah sedemikian rupa sehingga bereaksi dengan asam karboksilat dan bentuk-tio ester. Ketika membentuk ikatan ini, CoA disebut sebagai pembawa gugus asil. kemampuan CoA Ini membantu dalam transfer asam lemak dari sitoplasma ke mitokondria untuk oksidasi. Piruvat diubah menjadi asetil KoA di langkah terakhir dari glikolisis setelah itu memasuki siklus asam sitrat. asetil CoA Ini diperlukan untuk konversi oksaloasetat untuk sitrat, yang merupakan langkah pertama dari siklus dalam respirasi selular aerobik. Oleh karena itu membantu sitrat sintase dan transfer gugus asetil ke oksaloasetat untuk membentuk sitrat.

Koenzim ini mengaktifkan banyak kelompok asil yang ditransfer ke molekul lain dalam berbagai reaksi biokimia. mereka adalah

  • Asetil-CoA
  • propionil KoA
  • Acetoacyl CoA
  • Comaryl CoA

Selain itu ada berbagai kelompok lain dengan yang berinteraksi.

Dengan demikian, struktur koenzim A adalah sedemikian rupa sehingga membantu dalam mentransfer atom karbon ke molekul yang berbeda dalam reaksi enzimatik. Reaksi yang terjadi sangat kompleks dan tidak dapat diakomodasi dalam lingkup artikel ini. Beberapa buku bagus tentang Biokimia akan memberikan pengetahuan menyeluruh tentang hal itu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar