Rabu, 08 Januari 2014

materi zat tubuh

Zat-zat yang Diperlukan Tubuh

            Dalam kehidupan sehari-hari kita tentunya mengkonsumsi makanan untuk menjaga kesehatan sehari-hari dan mengisi energi untuk beraktivitas. Adapun kandungan dari makanan yang kita makan memiliki zat-zat yang diperlukan oleh tubuh kita untuk dikonsumsi. 
 
Terdapat beberapa zat yang tentunya dibutuhkan tubuh kita, pada umumnya zat tersebut terdidri dari :

1.      Zat karbohidrat
Zat karbohidrat merupakan zat yang membantu membuat tubuh menjadi panas saat beraktivitas. Zat tersebut dapat diperoleh dari nasi yang kita makan setiap harinya, roti, tepung dan jenis-jenis makanan yang manis.

  
2.      Zat protein
Zat protein merupakan zat yang mengganti sel-sel yang telah mati dengan sel-sel yang hidup. Zat tersebut dapat diperoleh dari daging, ikan, telur, keju dan susu.

  
3.      Zat lemak
Zat lemak merupakan zat yang dapat memberikan asupan energi yang besar dalam beraktivitas dan bekerja. Zat tersebut dapat diperoleh dari keju, susu, putih telur, minyak, daging dan ikan.

  
4.      Zat mineral
Zat mineral merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh yang memiliki bermacam-macam jenis seperti, zat besi dan kalsium

  
5.      Vitamin
Vitamin merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika kekurangan vitamin dapat menimbulkan beberapa penyakit. Zat tersebut dapat diperoleh dari sayur-sayuran dan buah-buahan yang masih segar dan berwarna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar